25 March 2011

DUNIA NUKLIR

Pembicaraan di media yang hangat jadi topik utama adalah tentang nuklir gara- gara reaktor nuklir di Fukushima terganggu akibat gempa dan Tsunami. Sebenarnya apa yang di maksud dengan nuklir? 

Nuklir(Indonesia) atau Nuchlear menurut kamus adalah inti atom tapi pada perkembangannya nuklir memiliki pengertian senjata atau sumber energi.

Puluhan tahun yang lalu para ilmuwan setuju bahwa atom terdiri dari inti dan elektron dalam inti terdapat proton dan netron sebagai penyusun inti yang di namakan nukleon untuk menyatukan inti diperlukan energi yang sangat besar, energi inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai sumber panas pada sebuah reaktor nuklir, panas akan menghasilkan uap untuk memutar turbin yang berhubungan dengan generator pembangkit listrik. Pengertian radioaktif adalah inti atom yang tidak stabil, secara alami inti tersebut untuk memenstabilkan dirinya akan memancarkan sinar-sinar radiokatif sampai inti tersebut stabil. Sinar radio aktif semuanya ada tiga macam yaitu sinar alpha, sinar beta dan sinar gamma. Ketiga sinar tersebut memiliki efek yang membahayakan bagi kesehatan karena salah satu sifatnya bisa mengionisasi sel hidup termasuk sel-sel manusia. Reaksi inti ada dua macam yaitu reaksi fisi dan reaksi fusi, reaksi fisi nuklir adalah reaksi pembelahan inti menjadi dua inti yang lebih ringan dan reaksi fusi adalah reakasi penggabungan dua inti menjadi satu inti yang lebih berat.
Pada masa perang dunia kedua seorang Fisikawan Albert Einstein mengirim surat pada presiden Amerika Serikat Franklin D Rooseverlt dalam suratnya Einstein mengatakan bahwa” reaksi berantai fisi nuklir dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik atau untuk membuat bom” Eintein mengira bahwa bom tidak pernah akan benar-benar digunakan, hanya akan bertindak sebagai penghambat perang dunia kedua.
Pada tahun 1945 energi fisi nuklir pertama kali berhasil dibuat dan di jatuhkan di Hiroshima yang berbahan uranium 80.000 orang meninggal seketika dan 60.000 lainnya meninggal akibat penyakit radiasi dan tiga hari kemudian satu lagi di Nagasaki yang berbahan Plutonium. Enam tahu kemudian tenaga listrik dari sebuah reaktor nuklir di bangun di Idaho. Sejak saat itu ratusan reaktor dibangun di seluruh dunia.
Akibat kenaikan harga minyak pada tahun 1973 dan betapa mudahnya kenyataan bahwa import minyak dengan mudah dapat terganggu akibat suhu ekonomi dan politik internasional, mendorong banyak negara menanamkan modalnya untuk membangun instalasi nuklir dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik. Produksi energi nuklir di seluruh dunia meningkat 20% pertahun sejak tahun 1973. Pada tahun 1985 sejumlah 344 reaktor di 26 negara telah menghasilkan 100 000 MW daya listrik setara dengan minyak lima juta barel perhari. Prancis mendapatkan 50% tenaga listriknya dari energi Nuklir, jepang sebanyk 30% kebutuhan listriknya dari tenaga nuklir. Beberapa negara lain seperti Finlandia dan Swedia serta Switzerlan juga tidak jauh dari angka tersebut.
Di Amerika Serikat pada tahun 1985, pemenuhan energi listrik mencapai 13,5 % dihasilkan dari reaktor nuklir berarti pemakain energi nuklir berada dalam urutan kedua setelah pemakaian batu bara . Reaktor yang sedang dibangun pada tahun tersebut ternyata meningkatkan pemakaian energi niklir menjadi 2 kali semula ketika selesai pembangunnanya.
Pada bulan maret tahun 1979 salah satu rektor di Three Mile Island, Pennsylvania mengalami kerusakan sejumlah bahan radio aktif terlepas dari instalasi tersebut. Walaupun reaktor tidak meledak seperti bom tapi resiko yang ditimbulnnya sangat berbahaya, akibat jeleknya perancangan kontruksi, pemeliharaan yang tidak memadai atau kesalahan prosedur pengoperasian mengakibatkan semua orang harus menaggung resiko.
Setelah kejadian Three Mile Island mempengaruhi pendapat rakyat Amerika tentang energi nuklir Pernyataan yang di kemukakan oleh pejabat publik, dan perusahaan yang bersangkutan tentang keuntungan energi nuklir di bandingkan dengan batu bara ternyata belum terungkap semua termasuk segala resiko yang timbul baik untung maupun ruginya. Pada kenyataannya keuntungan resiko biaya, dan kecelakaan antara keamanan dan biaya tidak selalu menguntungkan, terlalu sering terjadi kecelakaan walau lebih kecil dari Three Mile Island. Maka sejak saat itu pengamanan diperketat biaya kontruksi pun meningkat sehingga biaya pembangunan reaktorpun jadi bertambah mahal.
Pada Bulan April 1986 kecelakaan terjadi di reaktor 1000-MW di Chernobyl di Kiev Ukraina dulu Uni Soviet. Sejumlah besar bahan Radio aktif lepas ke atmosfer dan terbawa angin , puluhan ribu orang yang dekat dengan rektor di ungsikan, radiasi menyebar mencemari lingkungan dan mengakibatkan penyakit radiasi serta cacat pada kelahiran anak tidak hanya pada manusia pada hewan dan tumbuhan serta ekosistem lingkungan diseketar terganggu, jadi total korban jiwa kurang lebih mencapai 5 juta orang.
Selain keamanan reaktor yang jadi masalah dalam pembangkit tenaga nuklir adalah sampah nuklir disebut juga sampah radio aktif. Walaupun batang Uraniun dan Plutonium diproses sedemikian rupa supaya diambil energinya namun tetap menyisakan radiasi yang membahayakan dalam ratusan tahun karena beberapa nuklida ada yang memiliki umur paro jutaan tahun. Pada waktui ini ada sekitar lebih dari 12000 ton sisa radio aktif yang tersimpan di Amerika, belum dinegara-negara lain jumlahnya berpariasi dan bisa lebih banyak.
Pada tanggal 11 Maret 2011 reaktor Fukushima Daichi di Jepang mengalami kebocoran akibat sistem pendingin yang tidak berfungsi penyebabnya adalah gempa bumi dan Tsunami, sejumlah pekerja mengalami kecelakaan akibat ledakan. Tapi bahaya yang lebih besar adalah terlepasnya partikel radio aktif ke lingkungan dilaporkan 22 orang terkena radiasi, meskipun ledakan bukan dari inti reaktor tapi bila tidak ditangani sampai tuntas kecelakaan di Chernobyl bisa terulang, sejumlah orang eksodus berusaha mengungsi, sampai saat ini belum diketahui pasti angka sesungguhnya jumlah korban dan kerugian, karena sebagian besar korban pada saat ini adalah akibat gempa dan Tsunami.
Akibat kejadian di Jepang maka ada negara-negara yang membatalkan program nuklirnya diantaranya Venezuela dan Switzeland, bagi negara-negara yang memiliki sumber daya alam seperti batu bara dan gas bumi misalnya Indonesia pemakaian energi nuklir untuk listrik sebaiknya dihindari, karena Indonesia termasuk daerah yang rawan gempa sama halnya seperti Jepang.
referensi :
- Arthur Beiser 1981 consept of Modern Physics. USA:Mc. Graw-Hill,inc
- Okford Ensiklopedi , Okford University

- Foto:m.today.co.id,google image)

3 Responses to “DUNIA NUKLIR”

Accretia said...
Friday, March 25, 2011

Bagus sekali infonya pak..jadi lebih tau skrg..


Asep Sanaul Zaman said...
Saturday, March 26, 2011

terimasih sudah komen


Apip Aro said...
Saturday, March 26, 2011

A kumaha carana nyieun Blog kawas nu aa???


Post a Comment

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com