01 May 2011

TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN

Salah satu kebutuhan  yang paling mendasar bagi manusia adalah pendidikan di samping kebutuhan akan pangan ,sandang dan tempat tinggal. Manusia sebagai mahluk yang di anugerahkan akal oleh sang Khalik, yang membedakan antara manusia dengan hewan bahwa manusia adalah mahluk pintar, dari mulai lahir manusia perlu belajar dan itulah bedanya antara manusia dengan mahluk lainnya termasuk malaikat . 

Ketika Allah menciptakan adam sebagai manusia pertama Adam diberi pelajaran tentang pengetahuan nama-nama dan fungsi benda-benda di sekitar. Maka seluruh manusia yang merupakan keturunan Nabi Adam mulai lahir harus belajar supaya memiliki Ilmu Pengetahuan untuk bekal mengarungi kehidupan  misal ketika  manusia lahir mendapat pelajaran dari ibunya , belajar ekspresi sedih ,senang, belajar berjalan, belajar berbicara, makan dan seterusnya sampai ia perlu belajar ke jenjang yang formal di lembaga-lembaga pendidikan mulai PAUD, TK sampai ke Perguruan Tinggi.  Berbeda dengan binatang misalnya ketika lahir bukan belajar ilmu atau pengetahuan seperti manusia tapi menggunakan insting semata. Contoh seekor bebek sejak lahir sudah pandai berenang berbeda dengan manusia supaya bisa berenang maka seorang anak perlu tahapan-tahapan belajar.

Apa pengertian Pendidikan dan pengajaran?
Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan memiliki arti yang lebih luas dari pengajaran. Pendidikan menurut beliau adalah peningkatan kemampuan yang diperoleh paserta didik tidak hanya dari guru selama belajar tetapi juga dari apa dan siapa saja (lingkungan) selama peserta didik dalam keadaan sadar (tidak tidur). Sedangkan pengajaran adalah peningkatan kemampuan yang diperoleh peserta didik dari gurunya pada waktu belajar.

Pada tahun 1935 Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan dan pengajaran bertujuan untuk mengembangkan cipta, rasa dan karsa peserta didik. Tujuan seperti ini oleh pakar pendidikan  di tahun 1956 B.S. Blom dan kawan –kawan  di buat penjabaran yang lebih terperinci yang di kenal dengan Taksonomi Bloom. Rincian taksonomi inilah yang sekarang dilaksanakan di  sekolah-sekolah. Dalam taksonomi blom dikenal ada 3 ranah/kawasan yaitu: ranah Kognitif (proses berpikir), ranah afektif (sikap hidup),  dan ranah psikomotor (keterampilan fisik)

Tanggung jawab siapa pendidikan dan pengajaran?
Menurut UUD 45 pasal 31, yang isinya tentang pendidikan dan pengajaran . Jadi pendidikan formal menjadi kewajiban  Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan sebagai penanggung jawab. Tetapi berdasarkan pendapat Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara pendidikan menjadi tanggung jawab bersama.  Pemerintah, Orang tua, masyarakat tentunya pendidikan dalam arti luas.

Pendidikan dan Pengajaran yang dilakukan di sekolah sekolah formal diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta  guru sebagai ujung tombaknya. Kualitas guru merupakan salah satu dari sekian steak holder untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan. Karena kalau mengambil istilah guru sebagai ujung tombak yang harus selalu runcing karena di asah dan dipakai terus menerus. Tetapi keberhasilan pendidikan bukan hanya terletak pada guru sebagai ujung tombak semata maka layaknya sebuah tombak perlu ada gagang tombak dan pelempar tombak. Gagang tombak bisa di analogikan dengan kurikulum, fasilitas, sumber belajar , sejumlah peraturan dan sebagainya sedangkan pelempar tombak adalah seperangkat kebijakan dan sederet birokrasi. Seruncing dan sebagus apapun ujung tombak kalau gagang tombak  tidak lurus maka mata tombak tidak akan kena sasaran  atau sebagus apapun bahan tombak yang terbuat dari logam bagus di produksi di pabrik perkakas terpercaya dalam hal ini penulis analogikan dengan Perguruan Tinggi , gagang tombak bagus tapi pelempar tombak dalam hal ini adalah Pemerintah tetap ujung tombak tidak akan kena sasaran.

Apapun hasilnya baik buruk suatu bangsa  terutama untuk massa depan adalah hasil dari pendidikan yang merupakan Investasi jangka panjang. Keberhasilan tujuan pendidikan  baru bisa terasa setelah 30 sampai 50 tahun yang akan datang.

ref: Wikipedia.org. Team Penyusun Modul Teori Pendidikan Universitas Terbuka

Baca juga artikel terkait
Perasaan cemas pada siswa menjelang Ujian Nasional
Gunakan Pensil 2B yang berkualiatas
Hari-hari menjelang Ujian Nasional
Ujian Nasional 2011 lima paket soal

No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com