13 August 2011

Agar Ngabuburit jadi amalan ramadhan juga amalan puasa

ngabuburit keliling naik delman
Ngabuburit satu kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita terutama di waktu bulan Ramadhan, berasal dari bahasa  sunda  asal katanya Burit menurut kamus artinya: senja atau sore ngabuburit adalah berjalan-jalan sore menanti berbuka puasa. Kata burit dalam bahasa sunda kadang-kadang  di pelesetkan menjadi kata yang mirip berdekatan misalnya: birit(pantat),  beurit(tikus), burih(tembolok),  burut(hernia). 

Dalam sebuah hadis Nabi disebutkan.

Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan akan menemukan dua kebahagiaan, yakni saat berbuka puasa dan bermaaf-maaf sesama umat pada hari raya.


Salah satu kebahagiaan orang berpuasa menurut hadis nabi diatas adalah saat berbuka, saat berbuka adalah saat yang ditunggu-tunggu jadi sambil nunggu waktunya magrib saatnya berbuka dilakukan jalan-jalan. Sebenarnya  ngabuburit tidak hanya jalan–jalan banyak kegiatan lain selain jalan jalan yang lebih bermanfaat dan menjadi amal ibadah kita di Bulan suci ini. Ngabuburit bukan sebagi amalan Ramadhan, ngabuburit ini hanya sebagai tradisi atau budaya saja dan meski Ibadah puasa dilaksanakan oleh muslim sedunia ngabuburit hanya ada di Indonesia.

Tidak tahu pasti siapa dan sejak kapan ngabuburit jadi populer tapi menurut penulis media ikut mempopulerkan ngabuburit  termasuk  media elektronik dengan berbagai acara di kemas sedemikian rupa, event  untuk kepentingan bisnis seperti pentas seni dan band  dengan sejumlah celebritis yang justru dalam acara tersebut banyak pengunjung  yang tidak puasa makan minun merokok layaknya seperti bulan-bulan biasa. 

Kemajuan teknologi serta kemajuan ekonomi juga sudah menggeser budaya ngabuburit  misalnya yang asalnya ngabuburit hanya jalan-jalan di depan rumah atau seputar kampung atau komplek, kalau dipedesaan ke sawah sambil memeriksa tanaman bagi anak-anak bermain layang-layang di lapangan. Sekarang jalan-jalan keliling kota pakai sepeda motor atau mobil sehingga memacetkan lalulintas, atau jalan jalan ke mall biasanya sekalian buka puasa bersama, buka internet  atau jalan–jalan di dunia maya (bagi blogger=blogwalking), main game serta nonton TV dengan berbagai acara yang menarik.

Nilai manfaat dan Mudharat
Secara umum kegiatan ngabuburit bisa menghidupkan perekonomian dengan ramainya orang jalan jalan di mall atau pusat perbelanjaan, maka pedagang jadi “marema”karena tidak sedikit yang ngabuburit sambil belanja. Banyak kaum muslim yang buka bersama di mall atau kafe-kafe, rezekipun didapat oleh para pedagang jajanan termasuk pedagang kaki lima yang menjual aneka panganan buat tajil.

Nagabuburit dengan cara jalan-jalan tanpa tujuan hukumnya mubah tapi manfaatnya tidak ada hanya buang buang waktu saja kecuali ada niat dan tujuan misalnya kita jalan-jalan sambil bersilaturahim dengan tetangga. Ngabuburit nonton pentas musik atau band, biasanya banyak godaan karena banyak orang yang tidak puasa. Jalan–jalan keliling kota juga hanya menghamburkan uang dan bahan bakar ( BBM ) yang notabene masih disubsidi ditambah membuang asap atau polusi udara  yang mengotori lingkungan.

Namun ada hal yang lebih berguna  dan menjadi amal ibadah bagi umat muslim dalam acara ngabuburit misalnya :
  1.  I’tikaf, menurut kamus bahasa arab bersal dari kata ‘akafa’ artinya, menetap, mengurung diri. Makna secara sar’i menurut para fuqaha, i’tikaf adalah berdiam diri dalam masjid disertai puasa dan dengan niat dalam hati untuk beritikaf. Adapun hukum i’tikaf adalah wajib bagi yang bernazar dan sunnah bagi yang tidak bernazar. Tapi ingat i’tikafnya harus berdzikir jangan sambil  SMS an...hehehe
  2. Tadarus, maksudnya membaca, mempelajari,  serta memahami isi Al-Quran secara sendiri atau berjamaah.
  3. Membaca buku baik buku-buku keagamaan, buku pejalaran bagi mahasiswa dan pelajar atau buku-buku lain yang bermanfaat. Selain menambah pengetahuan membaca bisa juga meningkatkan kemampuan kita dalam menulis termasuk posting di blog. Jangan membaca buku-buku yang bisa mengurangi nilai pahala puasa seperti astrologi atau horoskop seperti yang sudah dibahas pada posting sebelumnya.  
  4.  Bagi yang sudah berkeluarga  atau keluarga muda yang masih punya anak kecil ngajak jalan-jalan atau main  si kecil  sambil mendidik menanamkan karakter yang baik
  5. Blogwalking atau jalan jalan ke blog orang dengan di niatkan untuk menambah pengetahuan, jadi blog orang harus di baca tidak sekadar memberi coment say atau hello. Bila kita baca blog orang lain akan menambah pengetahuan dan menambah keterampilan kita dalam menulis termasuk posting, jadi dalam posting kita tidak hanya copas yang justru mengurangi nilai ibadah puasa.
  6. Menuliskan ide untuk posting blog bisa berupa draf atau ditulis dalam dokumen di word diniatkan  untuk berbagi pengetahuan dengan sesama insya Allah kalau tulisan kita isinya bermanfaat akan jadi Ibadah. Karena kalau ada ide tidak segera ditulis kadang-kadang ide tersebut  menurut pengalaman blogger suka lupa lagi.Tapi jangan keasikan lho sampai ninggalin tadarus.
  7. Bila anda pergi ke mall atau pasar harus di niatkan untuk membeli sesuatu keperluan, jangan niat hanya jalan-jalan karena di mall dan pasar banyak sekali godaan terhadap orang puasa yang tidak usah disebutkan disini.
Demikian sedikit sharing dari blogger , membuat posting ini bukan untuk menggurui dan memberi ceramah Ramadhan karena saya bukan seorang da’i atau ahli agama saya disini hanya  seorang blogger saja dan yang membacapun sesama blogger, semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah swt, semoga kita panjang umur bertemu dengan bulan puasa  tahun depan, semoga kita mendapatkan malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu Lailatul Qodar....amiin.

    10 comments:

    1. Ya..Setuju nich dengan tulisannya..Banyak hal yang bisa kita lakukan dibulan ramadhan yang positif dan tentunya berpahala.
      Ngabuburit....Dari bahasa sunda yang telah jadi trend di indonesia. heee

      ReplyDelete
    2. Selamat berpuasa mari kita tingkatkan ibadah kita..

      ReplyDelete
    3. Anak jaman sekarang, ngabuburit=mejeng om.... Jalan2 di mal.. Nonton..
      Sulitnya memupuk agar ibadah puasa ini dimaksimalkan saat ngabuburit..

      ^_^

      ReplyDelete
    4. Baru nyadar yg punya blog ini namanya Bpk. Asep Sanaul Zaman...

      Kaya nama guru di smun 4 bogor... :) Saya alumni sana tahun 2003.

      Maen ke web saya juga ya pak, tapi bukan blog....

      http://www.pramesti.com

      Makasih....

      ReplyDelete
    5. @buldani terima kasih
      @anas terima kasih semoga puasa dapat pahala bukan hanya lapar da haus saja
      @pamesti benar tuh misalnya mejeng di BTM atau Jambu dua atau air mancur

      ReplyDelete
    6. Waduh.. ternyata bener... ini pak asep guru fisika... yang dulu sering jewer kalo gak ngerjain PR... hehehehe

      Selamat ber bloging ria pak... artikelnya nyampe di vivanews... Selamat!!!

      ReplyDelete
    7. Semoga menang kontesnya... :D

      ReplyDelete
    8. ngabuburit dengan posting artikel bermanfaat jgn malah posting artikel "bau-bau" itu lho... :D

      ReplyDelete
    9. @pram betul dilu kamu sering ga bikin pe-er
      @CBI terima kasih,,, amiin
      @r10,seruju..posting yang bau-bau itu kagak boleh

      ReplyDelete
    10. ngabuburit dengan kegiatan yang bernilai ibadah, yuk mari :)

      ReplyDelete

    Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
    Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

    DMCA.com