25 October 2011

Manfaat dari Semangat Sumpah Pemuda


tawuran mahasiswa(tribunnews.com)
Hari sumpah Pemuda yang biasa diperingati dengan upacara bendera di sekolah-sekolah dan dikantor-kantor pemerintah tiap tanggal  28 Oktober sebagai kegiatan rutin yang dianggap sakral.  Apakah makna dan manfaat dari peringatan tersebut diera modern dan globalisasi sekarang ini? Tentunya peringatan hari sumpah pemuda tidak bertujuan hanya cukup mengenang saja apa yang pernah terjadi sekitar delapan puluh tiga tahun yang lalu. Dibalik itu perlu ada makna yang meski kita gali untuk diambil hikmah serta manfaat bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Pada saat pemuda bersumpah untuk menyatakan ikrar sebagai satu bangsa satu kesatuan tanah air serta bahasa, ide-ide itu muncul dari kalangan pemuda berpendidikan formal  yang sangat brilian di masanya. Kongres pemuda pada saat itu dilakukan dengan tanpa pamrih kepentingan apapun kecuali kepentingan untuk mempersatukan semua organisasi yang pada saat itu terpisah hanya dalam organisasi regional atau suku-suku.

Lalu apa relevasinya dengan pemuda sekarang?
Dimasa sekarang masa yang serba teknologi canggih yang disebut juga zaman global rupanya untuk mempersatukan pemuda bukan terletak pada kedaerahan atau etnis. Meskipun kadang-kadang pertengkaran antar etnis sering kali terjadi di tanah air tercinta ini  tapi yang kita lihat sekarang ini dari hal-hal kecil bisa  menjadi pertengkaran besar diantara pemuda berupa tawuran antar anak sekolah seperti yang sering terjadi di seputar Jabodetabek atau kota kota besar lain  atau tawuran antara suporter sepak bola. Yang lebih memprihatinkan tawuran terjadi juga di kalangan mahasiswa yang mengaku sebagai kaum intelek serta berpendidikan, biasanya untuk kaum berpendidikan lebih mengutamakan logika berpikir serta dialog dalam pemecahan masalah bukan dengan kekerasan otot atau fisik yang diaktualisasikan dengan lemparan-lemparan batu dalam tawuran.

Tawuran kadang kadang hanya dianggap hal kecil atau bukan kejahatan serius  atau hanya kenakalan remaja  saja mungkin ini karena dilakukan oleh remaja  tapi kalau dilihat dari segi korban itu sudah merupakan hal yang sangat serius dan sangat menakutkan juga pelaku tawuran sekarang ini bukan hanya pelajar seperti yang sudah disebutkan tadi pelakunya bisa mahasiswa, atau orang tua juga ada.  Kalau dilihat dari sisi korban, tawuran   banyak memakan korban jiwa serta yang menjadi korban biasanya tidak pilih kasih. Kadang-kadang masyarakat umum yang tidak ikut tawuran puh bisa jadi korban. Termasuk dalam hal ini bisa mengorbankan harta benda berupa properti seperti rumah penduduk, kendaraan, fasilitas-fasilitas sosial, dan fasilitas umum yang dibagun dan dibiayai oleh negara.

Dalam peringatan sumpah pemuda yang perlu kita ambil hikmah dan makna dari semua iti bahwa mereka berikrar menjadi satu, mereka  tidak menyadari bahwa  mereka telah merintis untuk terbentuknya sebuah bangsa yang besar Indonesia  yang ternyata 17 tahun kemudian berani memproklamirkan diri tidak hanya sebagai bangsa tetapi juga sebagai negara.  Rupanya makna yang dapat kita ambil adalah pemuda kali ini harus kerja keras serta rajin bekerja, semangat untuk gotong royong dalam suatu kebersamaan sebagai bangsa. Sebagaimana yang sudah dibahas dalam pendidikan karakter kebangsaan. Bahwa kita punya karakter yang diturunkan oleh nenek moyang  sebagai karakter bangsa yang akan menghantarkan bangsa indonesia ke dalam kemerdekaan yang sesungguhnya. Yaitu terlepas dari pengaruh ideologi, politik, budaya serta ekonomi asing yang tidak kita harapkan

14 Responses to “Manfaat dari Semangat Sumpah Pemuda”

Jamal Rahmat said...
Tuesday, October 25, 2011

Betul gan...
Dengan semangat sumpah pemuda kita tingkatkan pendidikan yang mempunyai karakter kebangsaan


al kahfi said...
Wednesday, October 26, 2011

generasi skrg kebanyakan lupa akan sejarah,,betapa pahitnya membangun negri yg nerdeka..oh ya mas, salam kenal,, sxalaian sy izin follow


ASAZ said...
Wednesday, October 26, 2011

@Jamal Rahmatkarena pemuda sebagai calon pemimpin negeri ini sehingga pemuda harus mewarisi karakter yang baik


ASAZ said...
Wednesday, October 26, 2011

@al kahfibetul juga kadang kadang mereka tidak tahu sejarah dan tidak mau tahu serta perduli atas perjuangan para pendahulu,,,terima kasih sudah follow dan akan saya follow balik


Kaget said...
Thursday, October 27, 2011

Generasi sekarang doyannya ko' mengelompok seperti digerakkan kaum tertentu, tak seperti dulu yang satu misi dan satu tujuan :)


ada-akbar.com said...
Thursday, October 27, 2011

Kerja keras dan rajin belajar. .kunci sukses remaja. .


ASAZ said...
Thursday, October 27, 2011

@Kagetbetul anak muda sekarang seperti tidak punya pendirian


ASAZ said...
Thursday, October 27, 2011

@ada-akbar.comkerja keras dan rajin belajar itulah yang diharapkan bukan tawuran yang meresahkan


iyoxdeva said...
Friday, October 28, 2011

bener banget bro,sumpah pemuda harus dijadikan motivasi untuk lebih maju


JIMMY said...
Friday, October 28, 2011

selamat hari sumpah pemuda, semoga para pemuda indonesia lebih kreatif, manusiawi, ramah, dan cinta kedamaian...

SALAM,

silahkan mampir yaa ^^


Agus Siswoyo said...
Saturday, October 29, 2011

Saya nggak suka gembar-gembor nulis yang macam-macam. Yang penting setiap pemuda punya tanggung jawab pada tugasnya. Itu saja.


ASAZ said...
Sunday, October 30, 2011

@iyoxdevamaju dalam hal kebaikan


ASAZ said...
Sunday, October 30, 2011

@JIMMYalaamiin ,salam kebali


ASAZ said...
Sunday, October 30, 2011

@Agus Siswoyosetuju mas agus setiap orang termasuk pemuda memiliki tanggung jawab atau hak dan kewajiban masing-masing


Post a Comment

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com