04 November 2011

Cara menyembelih kambing agar dagingnya tidak bau


domba
Daging kambing baik dari hasil kurban atau kita beli sendiri dari pasar sering kali mengeluarkan aroba bau khas daging kambing berikut blogger bahas Cara menyembelih kambing  agar dagingnya  tidak bau.  Karena orang banyak yang tidak suka dengan daging kambing atau domba  bukan tidak doyan tapi karena bau yang tidak sedap sangat mengganggu selera. tidak semua daging kambing bau, ada juga daging kambing yang tidak tercium aroma baunya. Ternyata rahasianya ada pada penyembelih atau Jagal atau algojo menurut  sharing  dari pengalaman algojo kurban ada teknik tersendiri atau Cara  menyembelih kambing agar dagingnya  tidak bau.
Jadi tata cara penyembelihan kambing atau domba baik untuk tujuan kurban  atau aqiqah  selain diperlukan pisau yang tajam dalam penyembelihan dengan tujuan tidak ada penganiayaan terhadap hewan.  Juga  untuk kambing atau domba ada rahasia atau Cara  menyembelih kambing/domba agar dagingnya  tidak bau. 

Sebagai mana kita ketahui bau pada daging kambing adalah bau yang berasal dari badan kambing atau domba hidup. Yang baunya khas  kambing atau domba dari daerah atau negara mana pun baunya sama( beda dengan bau manusia lho beda-beda tergantung makanan kali manusia...). Kalau salah dalam  Cara  menyembelih kambing/domba, maka bau tersebut akan terbawa pada daging. Apa lagi kambing jawa(embe)....yang bunyinya ...mmmbeeee...sangat bau karena tidak pernah dimadikan. Berbeda dengan domba adu atau domba garut yang biasa di conteskan baunya tidak terlalu karena sering dimandikan . Ada juga yang juara kontes dengan harga ratusan juta  sering cream bath.... hehe kayak orang aja. Jadi bau pada daging domba/kambing adalah akibat dari pembawaan domba/kambing sendiri bukan bau berasal dari yang menyembelih.

Selain harus memenuhi syarat dan rukun perlu juga diperhatikan orang yang akan menyembelih supaya daging kambing/domba kuraban tidak bau Biasanya tukang sembelih yang hasil dagingnya tidak bau suka kebanjiran order pada saat musim kurban atau akikah.  

Berikut  trik  atau Cara  menyembelih kambing/domba agar dagingnya  tidak bau. 
  • Gunakan pisau khusus untuk peyembelih atau untuk daging, pisau tersebut tidak boleh digunakan untuk keperluan lain  selain memotong daging
  • Sebelum penyembelihan pisau atau golok dicuci dan dibesihkan dari karat yang menempel
  • Memegang pisau mengarah turun dengan gagang diatas dipegang tangan kanan
  • Penyembelih posisinya di belakang kambing (punduk)
  • Tangan kiri memegang rahang bawah atau  leher dekat pipi kambing
  • Kaki kiri di depan kaki kanan di belakang(kuda kuda)
  • Lutut kiri penyembelih di atas  leher
  • Ketika tangan kiri memegang rahang bagian bawah ikuti atau barengkan napas penyembelih dengan napas kambing maksudnya ketika kambing menarik napas penyembelih menarik napas napas begitu pula kebalikannya
  • Pada saat kambing mengeluarkan napas di situlah pisau mulai memotong leher kambing, jangan mulai memotong pada saat kambing menarik napas.
  • Pada saat memotong penyembelih harus tahan napas artinya ketika pisau masih menempel dileher penyembelih tidak boleh bernapas.(jadi secara tidak langsung penyembelih tidak boleh sakit asma lho)
Kunci utama suapaya daging kambing tidak bau adalah pada saat memotong yaitu napas domba pada saat keluar disitulah pisau pulai memotong jalan napas yang ada dileher domba.

Demikian sedikit sharing dari blogger semoga bermanfaat  bila diantara para pembaca sekalian ada yang akan kurban  domba/kambing atau menjadi panitia kurban yang bertugas mendistribusikan daging serta bertugas menjadi algozo kalau punya pengalaman dalam cara memotong kambing/domba agar dagingnya tidak bau bisa dituliskan di kolom komentar.
Boleh copas asal tahu etika dan diedit lagi jangan persis sama




29 comments:

  1. Info yang bermanfaat.
    coba nanti saya sosialisasikan kebeberapa orang yang nanti akan menyembelih hewan kurban di tempat saya.

    salam,

    ReplyDelete
  2. Terimakasih.
    omong-omong, ane salut sama page ranknya.
    udah di tingkat elit.

    ReplyDelete
  3. Makasih Mas, saya juga udh link di blog saya dengan nama Asaz

    ReplyDelete
  4. @konde betul itu berdasarkan pengalaman beberapa tukang motong kambing yang hasilnya tidak bau

    ReplyDelete
  5. @Taman Bacaan maksudnya page rank, alhamdulillah berkah setelah diberlakukan google panda, sebelumnya nol

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat, maju terus dan semangat berkarya pak.

    ReplyDelete
  7. wah sepertinya memang harus,kasih tahu juga sama si tukang sembelihnya nih.makasih mas dah berkunjung ke blog saya

    ReplyDelete
  8. @aryo kumoro aryook mas tapi kalau tukang sembelih yang profesional rata-rata mereka sudah tahu, seperti pegawai jagal ternak

    ReplyDelete
  9. tips yang sangat bermanfaat, kebetulan besok saya ada acara pemeriksaan dan penyembelihan hewan kurban

    ReplyDelete
  10. @ziady Rok semoga bermanfaat, ini adalah pengalaman bapak saya yang suka nyembelih kambing atau domba

    ReplyDelete
  11. Tips diatas perlu diperhatikan sebelm menyembelih kurban :)

    ReplyDelete
  12. trimakasih infonya, smoga bermanfaat bagi yang membutuhkan juga

    ReplyDelete
  13. saya juga pernah denger sperti itu tp infonya minim banget dan detilnya baru ketemu di blog ini setelah puluhan tahun. Makasih gan!

    ReplyDelete
  14. wah ini pasti sudah pengalaman banget ya ..

    ReplyDelete
  15. Tutup hidungnya saat nafas keluar lalu segera sembelih!!!!
    "BissmillahiAlloohuakbar!!!!

    ReplyDelete
  16. saya bookmark pak tulisannya, nice artikel

    ReplyDelete
  17. SELAMAT TAHUN BARU 2015..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat

    singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan property sbb:
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam

    Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam

    tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh

    :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30

    WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB ->

    klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di

    tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket

    Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT

    OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    ReplyDelete
  18. trimakasih infonya, smoga bermanfaat bagi yang membutuhkan juga

    ReplyDelete
  19. Trik- trik diatas tidak selamanya benar tetap aja masih ada kecium bau kambing atau setidaknya kita tahu yg kita makan daging kambing. Nah sekedar info saja dibagian dada kambing ada sejenis tulang kecil yg apabila tersentuh oleh daging kambing maka bau kambing akan kecium, itu lah sebabnya apabila selesai disembelih bagian ini langsung dipatahkan... dan yg mematahkan tidak boleh memegang atau ikut mengirisi daging karena sedikit saja tersentuh akan membaui kambing. Kalo trik ini dipakai, bagaimana pun cara potongnya tetap daging tdk berbau bahkan kita ga tahu kalo yg dimakan adalah daging kambing. Silahkan cari.. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  20. Trik- trik diatas tidak selamanya benar tetap aja masih ada kecium bau kambing atau setidaknya kita tahu yg kita makan daging kambing. Nah sekedar info saja dibagian dada kambing ada sejenis tulang kecil yg apabila tersentuh oleh daging kambing maka bau kambing akan kecium, itu lah sebabnya apabila selesai disembelih bagian ini langsung dipatahkan... dan yg mematahkan tidak boleh memegang atau ikut mengirisi daging karena sedikit saja tersentuh akan membaui kambing. Kalo trik ini dipakai, bagaimana pun cara potongnya tetap daging tdk berbau bahkan kita ga tahu kalo yg dimakan adalah daging kambing. Silahkan cari.. semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com