17 December 2011

Fakta Seputar Laron dan Rayap


Laron
Laron  yang keluar di awal musim hujan adalah salah satu siklus hidup dari rayap yaitu serangga dari ordo Orthoptera. Rayap adalah bagian dari ekosistem dalam kehidupan yang memiliki tugas untuk memakan kayu-kayu kering atau kayu sudah mati. Tapi bagi manusia rayap ini disebut juga sebagai hama yang merugikan karena sering memakan kayu-kayu yang menjadi bahan bangunan atau perabot rumah tangga lainnya dan kali ini blogger akan bahas Fakta seputar laron dan Rayap.


Laron keluar di awal musim hujan yang disebut juga anai-anai, laron ini keluar pada waktu senja atau malam hari. Kebiasaan laron selalu mengerubuti lampu atau tempat tempat yang terang. Laron akan mengerubuti lampu beranda rumah atau ruang tamu dengan jumlah ribuan sampai jutaan.  Hal ini tentu sangat menjengkelkan karena rumah jadi kotor penuh bulu-bulu laron berserakan di halaman di beranda rumah di ruang tamu ditambah semut yang mengerubuti bangkai laron.  Sehingga biasa di antisipasi dengan memadamkan lampu, serta menyediakan baskom diisi sedikit air (bukan air mata buaya) di bagian tengah di letakkan lilin(hehe...kayak dalam film mistik aja ya). Tapi bukan itu pembicaraan kita pembicaraan kita fokuskan kepada Fakta seputar laron dan Rayap

Rayap yang membuat sarang koloni di bawah tanah pada saat awal musim hujan di mana tanah lembab maka sebagian rayap yang sudah dewasa akan bersayap kemudian keluar dari sarang menuju permukaan tanah serta mengerubuti lampu. Menurut dongeng katanya sih rayap itu tujuannya menuju bulan untuk mengadakan sayembara. Sebelum berangkat rayap-rayap dikumpulkan dalam sebuah ruangan di dalam sarang dan diberi pengarahan oleh raja dan ratu.  kiara-kira perkataan raja “ Hai rakyat-rakyat ku sekalian pada hari ini saya meresmikan pemberangkatan gelombang pertama  rayap yang sudah dewasa(laron) untuk menjelajah ke dunia luar dengan cara terbang menuju bulan(lampu) ditempat tersebut kalian di persilakan untuk mencari pasangan (jodoh) dan bagi mereka yang selamat tidak dimakan makhluk predator, kodok, kadal, cicak reptil reptil kecil tidak termasuk komodo dan buaya serta manusia (karena di daerah tertentu laron dijadikan rempeyek). Maka pasangan tersebut berhak menjadi raja serta ratu untuk membentuk koloni baru”. Maka dengan serentak berdesakan dengan jumlah jutaan beterbangan keluar dari lubang.

Tapi nasib mereka macam-macam kebanyakan mereka mati jadi mangsa binatang lain misalnya semut, cicak, kodok, kadal kucing. Ada yang terbang sampai tinggi di udara jadi mangsa burung kapinis, walet atau kelelawar (barong).  Sebagian besar terbang mengerubuti lampu sambil mencari pasangan  sebut saja pesta mencari jodoh, yang berhasil mendapatkan pasangan akan menanggalkan sayap mereka kemudian berjalan beriringan untuk mencari lubang di tanah sebagai tempat berbulan madu. Setelah mereka bertelur kemudian membentuk koloni baru setelah anak mereka banyak mereka berdua di nobatkan menjadi  raja serta ratu rayap. 

Fakta seputar laron dan Rayap, bahwa Rayap merupakan makhluk sosial seperti semut dan lebah artinya makhluk yang tidak hidup sendirian tapi hidup dalam masyarakat yang disebut koloni. Koloni ini terjadi juga pada binatang yang lebih besar seperti singa, serigala, buaya nil (tapi tidak termasuk buaya darat lho...he..he...he).

 Rayap dalam bahasa Inggris disebut juga semut putih (white ants). Hidup dalam koloni di dalam lubang di bawah permukaan tanah dan tidak terbatas letak geografis hutan, desa atau kota di manapun rayap selalu ada karena sudah disebutkan tadi bahwa rayap adalah bagian dari ekosistem kehidupan punya tugas sebagai pengurai karbon yang berasal dari kayu-kayu mati termasuk bahan bangunan. 

Dalam tiap koloni rayap memiliki kasta-kasta mulai dari raja dan ratu sebagai pemimpin tugasnya memproduksi telur. Rayap prajurit yang kepalanya besar-besar bertugas menjaga sarang serta keselamatan ratu dan raja dari serangan serangga lain misalnya semut. Rayap yang kepalanya lebih kecil sebagi pekerja bertugas mencari makanan berupa kayu-kayu kering, melayani ratu yaitu menyuapi makan, membersihkan, memelihara telur serta bertani jamur. Jamur sengaja di budidayakan oleh rayap hasilnya untuk sumber makanan selain kayu-kayu kering koloni rayap jamur ini berwarna putih berongga menyerupai busa atau spone.

Berbagai usaha manusia dilakukan untuk membasmi rayap dengan alasan karena rayap adalah sebagai hama. Dengan menggunakan berbagai pestisida serta racun rayap. Tapi penggunaan racun rayap yang berlebihan bisa mengakibatkan merusak lingkungan juga berbahaya buat manusia sendiri.
Bila ada kekurangan silakan di tuliskan di kolom komentar

Referensi
Ensiklopedia Indonesia
Ensiklopedi Ilmu pengetahuan
www.wikipedia.org
www.forumsains.com
sumber gambar:www.teknologigue.com

40 comments:

  1. jadi ingat ma lagunya bang hary mukti.
    "laron-laron berduyun ke kota<
    mencari terang sebuah cahaya"

    info menarik kang asep.
    di tunggu kunjungannya

    ReplyDelete
  2. kalau buaya darat berkoloni, gimana jadinya ya, nasib lubang buaya, hehehe ;)

    ReplyDelete
  3. wahhh,,
    ceeritaa yg baguss admin

    ReplyDelete
  4. knapa laron doyan ngerubungin cahaya sich gan....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sdh diterangin diatas?
      Bahwasanya laron itu pergi ke rembulan utk mengadakan sayembara..
      [н̲̅e̲̅н̲̅e̲̅н̲̅e̲̅]

      Delete
  5. Kalau nggak salah ada yang pernah bilang ke saya, kalau laron itu makan cahaya, tapi anehnya banyak yang mati gitu?

    Tapi yang jelas, hidup jangan kayak laron deh, karena hidupnya selalu bergantung pada sesuatu... :)

    ReplyDelete
  6. hehehe jadi lilin juga rugi dong, nerangin laron tp dia ancur sendiri, eh tapi sekarang jaman neon ya ;)

    salam kenal, follow sukses

    ReplyDelete
  7. baru tahu kalau rayap itu punya kasta

    ReplyDelete
  8. @anonymous,terima kasih
    @namakuddn, itu sifat alami serangga dengan mata mejemuh yg berbentuk kerucut selalu menavigasi untuk mendekat cahaya
    @Ipras, setuju kalau laron hidup sangat tergantung kelompok atau koloni kalau manusia walaupun termasuk mahluk sosial harus tetap bisa mandiri
    @bloggirang, kalau seperti lilin ,kalau lilin tidak mengenal untung dan rugi dia akan selalu menjalankan tugasnya
    @Ely Meyer, iya mba terima kasih sudah mampir dan koment

    ReplyDelete
  9. laron enak juga kalau dimakan,
    terimakasih informasi tentang laron...

    ReplyDelete
  10. Rayap biasanya suka makan (tiang rumah) yg kayunya masih muda ya? #pengalaman di rumah

    ReplyDelete
  11. @Ririe Khayanbukan hanya kayu muda kayu tua juga kalau belum di olah bisa dimakan rayap, kecuali jenis kayu-kayu yang keras

    ReplyDelete
  12. @junxcrixhari mukti dulu rokker, sekarang jadi dai, Jdi ingat massa lalu ya

    ReplyDelete
  13. ingat saat di kampong dulu, waktu kecil keluarga memasak laron dijadikan bothok...hmmm...tapi sekarang sudah gak doyan...hehehe

    ReplyDelete
  14. Semangat seorang guru yang selalu ingin belajar dan sharing tentang keilmuan yang dimilikinya
    tetaplah semangat untuk berkarya dan memberikan informasi-informasi yang bermanfaat dan akurat...

    ReplyDelete
  15. @Review Situsterima kasih sobat atas dukungannya

    ReplyDelete
  16. selamat pagi, maaf kalo kepagian jalan-jalannya, hehehe

    ReplyDelete
  17. ada tips buat membasmi yg aman dan nyaman ga? di rumahku rayap bandel banget gerogoti pintu!

    ReplyDelete
  18. @bloggirangselamat pagi juga, tidak apa jalan pagi di dunia ofline juga enak udara segar maka di dunia online jalan pagi jd lebih semangat

    ReplyDelete
  19. @Popiinsya Allah suatu saat akan saya buat post tips mengatasi rayap

    ReplyDelete
  20. Bila rayap-rayap membuat rumah kita rusak dan bahkan ambruk, sepantasnyalah mereka kita anggap musuh. Karena musuh adalah sesuatu yang menyerang, mengganggu, atau merugikan. Tapi sebelum memerangi mereka, jalan paling bijaksana adalah kenali mereka dulu.

    http://pusat-pembasmi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. @bernas gaberterima kasih atas tambahan informasinya

    ReplyDelete
  22. Jd kalau ada laron di rmh, berarti ada rayap juga dong ya di rmh itu..

    ReplyDelete
  23. Kalau laron yng hidup di hutan yang dikerubungi apa ya..? Kan gak ada lampu.

    ReplyDelete
  24. Di mana cari rayap ya? saya perlu untuk penelitian biologi. Kusen di rumah yg lapuk dimakan rayap sdh dikorek korek tapi ga keluar rayapnya

    ReplyDelete
  25. Dirumahku sekarang lagi banyak larooonnn

    ReplyDelete
  26. banyak bgt penulisan buaya di artikel ini

    ReplyDelete
  27. oooh ternyata laron asalnya dari rayap hiiii

    ReplyDelete
  28. Banyak yg suka bikin peyek tuh

    ReplyDelete
  29. Enak ga sih dibikin peyek gitu

    ReplyDelete
  30. terimakasih sob buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  31. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  32. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com