02 January 2012

Dampak Negatif Perayaan Tahun Baru

pesta kembang api di Paris

Perayaan pergantian tahu baru saja berlalu dengan segala keramaian layaknya pesta, berbagai panggung hiburan ditempat wisata, cafe, hotel dan di jalan-jalan. Hiruk pikuk dengan berbagai   bunyi-bunyian mulai dari teropet, knalpot, sampai ledakan kembang api dan mercon. Banyak diantara kalangan yang tidak setuju dengan model pesta perayaan pergantian tahun karena terdapat beberapa dampak negatif perayaan tahun baru.


pesta kembang api
Namun seperti peribahasa “anjing menggonggong kafilah pun berlalu” banyak yang tidak setuju tapi banyak pula yang setuju. Kalau dihitung-hitung atau dibanding banding sepertinya lebih banyak yang setuju dengan perayaan model pergantian tahun yang hingar bingar dengan pesta kembang api. Ini bukan berarti yang setuju dengan perayaan tersebut lebih benar, tergantung dari kaca mata mana memandang hal tersebut. Kalau dari segi manfaat secara bisnis untuk perputaran uang memang  perayaan  tahu baru bermanfaat seperti halnya hari raya roda ekonomi akan cepat berputar. Tapi dari dampak negatif perayaan tahun baru efek yang timbul kadang-kadang banyak merugikan dari segi pemborosan serta  pengotoran lingkungan  dengan polusi yang ditimbulkan. 

Berikut adalah 10 dampak negatif perayaan tahun baru yang berhasil di himpun oleh blogger berdasarkan hasil pengamatan
  1. Pemborosan, dengan pesta yang meriah tentunya banyak biaya yang dikeluarkan misalnya panggung, mercon, kembang api, membayar tiket di tempat-tempat seperti tempat wisata, kafe dan lain-lain.
  2. Ketertiban, konsentrasi masa di tempat-tempat tertentu sehingga diperlukan pengamanan ekstra ketat ini menjadi pekerjaan tambahan bagi aparat keamanan atau polisi.
  3. Polusi, atau pencemaran lingkungan terjadi pada udara dengan pembakaran kembang api, termasuk dari knalpot kendaraan bermotor yang menghasilkan karbon dioksida sisa pembakaran bisa menyumbang pemanasan global di tengah-tengah slogan “go green” dan “stop global warming”. Pencemaran lingkungan yang lain adalah sisa dari perayaan pergantian tahun selalu meninggalkan sampah berserakan yang jumlahnya tidak sedikit.
  4. Pergaulan bebas remaja, banyak orang tua yang terlalu membebaskan anaknya dalam pergaulan antar jenis dan sangat mengkhawatirkan.
  5. Korban kecelakaan,  hampir tiap tahun dalam peserta perayaan pergantian tahun, sering terjadi kecelakaan, akibat mercon, kembang api atau lalu lintas yang selalu memakan korban jiwa.
  6. Mengurangi produktivitas atau etos kerja, akibat begadang semalaman serta terganggunya kesehatan fisik sehingga begadang semalaman tidak cukup diganti tiga malam.
  7. Bagi Umat Islam Karena begadang semalaman sering kali solat subuh terlambat atau terlewat ini termasuk dosa besar meninggalkan atau melewatkan solat dengan sengaja.
  8. Perayaan tahun baru banyak yang keliling kota menelusuri jalan sambil meniup teropet menggunakan kendaraan bermotor yang memakai bahan bakar dengan subsidi sehingga menghamburkan anggaran Negara untuk subsidi BBM.
  9. Gangguan kesehatan bagi pelaku karena kurang tidur, bagi remaja timbul jerawat, sakit pipi bekas tiup terompet, telinga katarak akibat mendengar bising terompet dan ledakan mercon. 
  10. Anda bisa tambahkan di kolom komentar
Yang disebutkan di atas adalah fakta yang dihimpun bukan berarti blogger melarang anda pembaca untuk merayakan pergantian tahun, karena saya tidak punya hak untuk melarang. Hidup adalah pilihan anda boleh pilih yang baik dan benar atau sebaliknya. Yang harus dilakukan adalah anda mengetahui ilmu. Dalam arti ilmu apa pun untuk menjalani hidup sesuai dengan aturan baik aturan manusia atau aturan Ilahi. Selamat menjalani kehidupan di tahun 2012 semoga kita di panjangkan usia  sehingga bertemu kembali dengan Januari tahun berikutnya, untuk terus berkarya demi kemajuan serta kejayaan bangsa Indonesia. Amiin.

Sumber Gambar:
www.detiknews.com
www.themaster.web.id

18 comments:

  1. Kemarin pagi, hinngga jam 8, tempat saya masih sepi, orang2 pada telat bangun, telat subuh, dampak perayaan dengan begadang ;)

    ReplyDelete
  2. Saya sepakat dengan yang pergaulan bebas itu. Hal ini juga saya angkat diblog saya.

    ReplyDelete
  3. @Stupid monkey seharusnya sekalian tidak tidur sampai sumbuh, tidurnya setelah solat subuh...hehehe

    ReplyDelete
  4. @dinneno ini hanya satu contoh saja momen yang dipakai untuk pergaulan bebas, terima kasih sudah coment saya akan kunjungi balik

    ReplyDelete
  5. Ya kalau ditinjau dari ajaran Islam hampir 90 % Tidak manfaat dan menimbulkan dosa. Dan dosa itu mengakibatkan adzab Allah. Coba ingat Tsunami Aceh tahun 2004. Terjadi setelah Natal dan menjelang tahun baru.

    ReplyDelete
  6. Sependapat, saya juga menuliskan artikel dengan topic yang sama .... gara2 bergadang skrg saya jadi gak enak badan. Jadi nyesal malam tahun baru keluar ...

    ReplyDelete
  7. dlam pekerjaan mnjadi malas di krenakan kurangnya istrihat di mlam pergntian thun...

    ReplyDelete
  8. setuju pak, orang-orang sekarang banyak yang salah kaprah dalam memahami atau merayakan sesuatunya.

    ReplyDelete
  9. @KH. Iman Santoso, Lc, setuju pak Kiai dalam perayaan tahun baru lebih banyak dosa dari pada Ibadah
    @JeBrain, betul kalau begadang semalaman sampai pagi ga enak badan bisa sampai satu minggu, terima kasih akan saya kunjungi postingnya
    @ROEDY TKJ SMK AL KAAFFAH, termasuk anak-anak sekolah juga pada tanggal 2 januari kecuali Jawa barat masih libur kayaknya di kelas masih pada ngatuk
    @noorzmilanello, sebetulnya seperti tiup teropet itu tidak ada hubungannya ya dengan pergantian tahun

    ReplyDelete
  10. Hahaha.. Kalau ditulis begitu seh gak cuma tahun baru aja atuh :P

    ReplyDelete
  11. @niee ini karena berdasarkan momen yang tepat saat ini lagi membicarakan tahun baru

    ReplyDelete
  12. makin ke sini, perayaan tahun baru makin boros, hura-hura..

    ReplyDelete
  13. Bagi ane sama aja gan tahun baru atau tidak. Toh tetap aja kan senin selasa rabu dan seterusnya. :)
    Yang penting adalah bagaimana kita membuat diri kita menjadi lebih baik setiap harinya. Percuma tahunnya baru tapi kalo kita tidak menjadi lebih baik.
    Itulah kenapa saya ga mau bahas tahun baru di blog saya, saya tidak merayakannya. :)

    ReplyDelete
  14. setuju dengan I2-Harmony
    merayakan atau tidak yang penting bagaimana agar kita lebih bagus dari tahun kemarin

    ReplyDelete
  15. @Muhammad Gustavie, Hura-hura yang tidak bermanfaat padahal banyak persoalan besar yang harus ditangani secara bersama seperti musibah
    @I2-Harmony, setuju itu hari ini lebih baik dari kemarin
    @joyodrono, mudah-mudahan tahun ini kita lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya

    ReplyDelete
  16. Hi All..
    i love it's info cool!!

    ReplyDelete
  17. ahaha...ane suka akibat no.9. telinga kok bisa katarak...

    ReplyDelete
  18. kalo menurutku kasian yang jomblo, sejauh mata memandang cuma liat orang yang lagi pacaran di mana mana -_-

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com