31 January 2012

Memilih Jurusan SNMPTN Undangan

Dalam menjaring calon mahasiswa baru Panitia SNMPTN pada tahun 2012 dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama SNMPTN Undangan dan SNMPTN tertulis. SNMPTN Undangan pendaftarannya di mulai pada tanggal 1 Pebruari sampai 8 maret 2012  sedangkan seleksi dilakukan 9 Maret – 15 Mei 2012. Bagi kamu siswa kelas 12 baik SMA, MA atau SMK tentunya banyak yang bingung dan ragu untuk memilih jurusan SNMPTN undangan yang akan dimasuki.

Dalam memilih jurusan SNMPTN Undangan jangan sampai kamu lakukan dengan coba-coba karena hal ini  akan menentukan masa depan kalian serta menentukan langkah selanjutnya. Dalam SNMPTN undangan. Seleksi dilihat dari nilai raport 3,4 dan 5 dengan nilai baik serta konsisten dalam arti tidak pernah ada penurunan prestasi. Jadi kamu tidak usah mengerjakan soal SNMPTN lagi layaknya ujian tulis. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa pihak perguruan tinggi masih mempercayai guru sebagai pihak yang memiliki otorisai dalam memberi nilai di buku raport sebagi hasil dari evaluasi selama kamu belajar di kelas 10,11 serta 12 baik penilaian kognitif maupun afektif sebagai bagian dari pendidikan karakter bangsa. 

Untuk siswa yang  tercantu sebagai siswa dalam bidik misi dalam mendaftar pada SNMPTN Undangan tidak usah membayar. Keterangan lengkap bisa kamu akses di http://www.snmptn.ac.id serta bagi kamu yang aktif di akun facbook atau facbooker bisa  add  http://www.facebook.com/groups/snmptn,http://halo.snmptn.ac.id atau bagi kamu yang twitter mania @2012snmptn. Jangan sampai salah lho awas bukan @gurubelajar , heheh...itu akun aku.

Dalam memilih jurusan SNMPTN Undangan harus betul-betul jurusan yang anda minati jangan sampai sudah diterima kamu mengundurkan diri karena akan menjadi nilai buruk buat sekolah kamu sebagai pengirim. Karena yang mendaftarkan kamu pada SNMPTN Undangan adalah Kepala Sekolah sebagai pemegang otoritas  di sekolah bukan orang tua. Jadi kalau nantinya kamu sudah diterima di salah satu perguruan tinggi tapi kamu mundur karena jurusan yang tidak minat maka sekolah sebagai almamater kamu dapat konsekuensi dianggap mempermainkan panitia. Daftar SNMPTN hanya ajang coba-coba saja sementara orang lain yang betul-betul membutuhkan tersisih atau tersingkir bagaikan posting blog bila terkena google sand box yang berusaha meningkatkan trafik blog

Jadi supaya kamu tidak salah pilih dalam menentukan jurusan yang akan dimasuki coba konsultasikan dulu dengan kedua orang tua kamu Ibu bapa, om dan tante kamu, atau kaka kamu yang sudah kuliah tentunya sudah memiliki pengalaman selain itu konsultasikan dengan guru-guru kamu mulai guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BP termasuk para tentor di bimbingan belajar bagi adik-adik yang mengikuti bimbingan belajar. Hasil psikotes yang pernah dilakukan tiap sekolah pada saat kamu kelas 2 bisa juga dipakai sebagai bahan pertimbangan.

Demikian posting kali ini kepada adik-adik kelas 12 selamat berjuang semoga kalian sukses di masa depan...amin. Kurang lebih silakan tulis di kolom komentar.



20 comments:

  1. terima kasih informasinya sob, kebetulan lagi cari-cari nih untuk anak-anak, :)

    ReplyDelete
  2. Kak,mw nanya.law jurusan pgsd boleh gak kak d plih buat snmptn undangan law mislnya kita jurusan ipa?
    Trims...:)

    ReplyDelete
  3. @Honeylizious Rohani Syawaliah, hehe... ini info buat anknya mba honey...hehe
    @Anonymous, IPA atau IPS bisa pilih PGSD

    ReplyDelete
  4. Hm..
    Kalo smester 3,4 konsisten tp smester 5 mnrun gmna ya kak? kira" ada pluang gk?..

    ReplyDelete
  5. @Chezxa Diaz, kalau turunnya tidak terlalu jauh dan rata-rata masih diatas 7, masih bisa diterima tidak nya tergantung dai persaingan pada jurusan yang di pilih

    ReplyDelete
  6. jadi bagaimana jika kita ingin mencoba snmptn tulis kak?

    ReplyDelete
  7. jadi bagaimana jika kita ingin mencoba SNMPTN tulis jika misalnya sudah diterima pada salah satu PTN pada SNMPTN undangan?

    ReplyDelete
  8. @Anonymous kalau mau mencoba ya tidak masalah bagi anda tapi yang diambil jurusan pada SNMPTN Undangan kalau tidak bagi anda tidak jadi masalah tapi bagi adik kelas di sekolah kamu. Kasihan nantinya SMA kamu dapat sanksi penurunan quota

    ReplyDelete
  9. ka, kalo anak dari jurusan IPA mwu ngambil fakultas dri jurusan IPS lewat jalur undangan, bsa gk ka? apa peluangnya sama besarnya dengan anak IPS yg mwu gmbil jurusan IPS?
    thanks ka.. mohon balasannya..

    ReplyDelete
  10. @mahrita sebagian PTN ada yang nerima lintas jurusan dari IPA ke IPS misalnya IPB tapi sebagian ada yang nolak misalnya UNJ

    ReplyDelete
  11. dalam masalah lintas jurusan dari IPA ke IPS apakah memang berbeda di tiap universitasnya, ka?

    ReplyDelete
  12. @nidya nasrun betul itu tiap universitas punya kebijakan masing-masing

    ReplyDelete
  13. @ASAZ trus bagaimana cara kita mengetahui kebijakan masing2nya ka?? soalnya aku udah coba buka web nya,,tapi gak ketemu kebijakan itu, contohnya UNPAD kak..

    ReplyDelete
  14. @nidya nasrun daftar pogram study bisa download di https://undangan.snmptn.ac.id/
    atau telp panitia (022) 2530689 call center: 08041450450

    ReplyDelete
  15. baru saja saya denger isu khusus jalur undangan anak ipa nggak bisa masuk jurusan ips.. apa benar kak??

    ReplyDelete
  16. @Anonymous itu PMDK kalau SNMPTN Undangan bisa

    ReplyDelete
  17. halo kak saya mau tanya.. biaya kuliah lewat jalur snmptn undangan sama tidak dengan biaya snmptn tertulis ? atau lebih mahal ? trims sebelumnya.

    ReplyDelete
  18. @yosy biaya kuliah jalur SNMPTN undangan dan SNMPTN tulis sama, yang beda itu kalau dulu tahun 2008 ada jalur khusus

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com