30 April 2012

Falsafah Dari Kaca Spion


spion
Kaca spion adalah cermin yang berbentuk cembung digunakan pada kendaraan bermotor untuk melihat ke belakang atau keadaan di belakang. Kaca spion sangat berguna dan diperlukan terutama pada saat kendaraan mundur atau membelok atau memindahkan lajur ke jalur lain. Coba kalau sobat mengendarai mobil atau motor kalau tidak ada kaca spion  pasti sobat blogger  akan selalu tengak tengok ke belakang, jadi kalau tidak ada spion pegal juga kan tuh leher  karena untuk menentukan arah  selanjutnya kita perlu juga mengetahui keadaan di belakang maka hal tersebut kita bisa ambil hikmah atau falsafah dari kaca spion.


Falsafah dari kaca spion?

Memang ada? Dalam kehidupan kita yang selalu mengalami permasalahan yang tidak ada hentinya. Maksudnya dari permasalahan satu beres pindah ke masalah berikutnya. Tiap masalah menuntut penyelesaian  yang pasti berbeda satu sama lain sama halnya dengan soal UN ada yang mudah diselesaikan  tinggal menghitamkan dengan pensil 2b dan ada pula yang susah diselesaikan atau dikerjakan tapi nampaknya ini lebih sulit dari soal ujian. Dalam penyelesaian permasalahan hidup ini ada yang bisa diselesaikan sendiri ada pula yang  harus di selesaikan dengan bantuan orang lain.

Dalam kehidupan manusia dengan se gudang permasalahannya sering kali masa lalu menjadi bayang-bayang yang menakutkan, tentunya bagi mereka yang pernah mengalami hal pahit kegagalan dimasa lalu.  Atau sebaliknya sebaliknya bagi mereka yang pernah sukses menyelesaikan persoalan-persoalan di masa lalu dan bisa dikatakan sukses. Untuk melangkahkan kaki menuju masa depan  bagi mereka merasa takut terjadi kegagalan serupa. Maka sebaiknya massa lalu dijadikan hanya sebagai patokan untuk melanjutkan perjalanan ke masa depan sama halnya dengan seorang pengemudi mobil atau motor yang memerlukan kaca spion ketika menyusuri jalanan.

Manusia hidup dalam tiga zaman yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Ketika dia sadar masa lalu adalah sudah lewat tak akan kembali lagi yang dia rasakan adalah masa sekarang masa lalu hanya bayangan di kaca spion yang jadi panduan untuk menyusuri jalanan kehidupan yang  terjal penuh kerikil tajam di selingi duri  dari ranting jalanan rimba belantara. Atau jalanan kota yang berdesakan dengan kendaraan lain apa bila tanpa kaca spion yang bisa melihat ke belakang tanpa menengok maka bisa terserempet atau tersenggol kendaraan lain. Kadang masa depan melaju menyusuri jalanan halus bagaikan jalan tol Cipularang  yang lebih berbahaya bila salah bila pindah jalur tanpa melihat kaca spion bisa berbahaya baik bagi diri sendiri atau kendaraan lain.

Jadi itulah perlunya kita melihat ke belakang. Tapi bukan berarti kita melihat terus ke belakang malah tidak akan pernah melaju ke masa depan. Jadi masa lalu hanyalah bayangan yang hanya bisa dilihat semata sebagai mana falsafah  sifat dari kaca spion yang terbuat dari cermin cembung yang hanya akan menghasilkan bayangan maya atau bayangan semua yaitu bayangan yang hanya bisa dilihat tanpa bisa ditangkap seperti yang pernah dipelajari dalam pelajaran fisika di sekolah. Maka untuk itu marilah kita telusuri jalan di depan kita dengan melihat masa lalu hanya sebagai panduan saja supaya masa depan kita lebih baik dari masa lalu. Semoga hari ini lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.

Demikian posting kali ini bermanfaat bila ada tambahan, kritik serta saran silakan tuliskan di kolom komentar.

6 comments:

  1. Mantap Falsafah hidupnya Om, Salam

    ReplyDelete
  2. @Laurencius terima kasih atas`kunjungan nya

    ReplyDelete
  3. semua yang ada dfi sekitar ternyata bisa menjadi bahan pelajaran...
    salam pendidikan

    ReplyDelete
  4. @budi betul juga pak buat berfikir serta memberi motivasi pada diri sendiri atau orang lain

    ReplyDelete
  5. Melihat kebelakang karena belakang adalah bagian dari pengalaman

    ReplyDelete
  6. @Nuno bisa ya kalau dalam kendaraan harus dengan spion

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com