03 May 2012

Berhenti Merokok Perlu Motivasi


Merokok atau menghisap asap rokok adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari, atau bagi perokok harus ada niat serta motivasi untuk berhenti.Walaupun sudah ada niat untuk berhenti merokok akan sulit untuk menghentikan kebiasaan menghisap rokok ini. Pada awalnya merokok adalah kebiasaan orang-orang Indian yang dibawa oleh Columbus dan rombongannya ke Eropa. Sebetulnya orang Indian merokok itu hanya untuk keperluan ritual untuk memuja dewa dan roh tapi kalau orang eropa merokok hanyalah untuk kesenangan dan kenikmatan semata. Mengapa sulit untuk berhenti merokok? Jawabannya karena merokok itu mengandung zat aditif atau bersifat ketagihan. Maka agar berhasil berhenti merokok perlu motivasi tinggi.

Yang menagih badan kita baik secara fisik (tubuh) dan psikis bila orang yang sudah memiliki kebiasaan merokok bila pada saatnya harus merokok ternyata tidak maka ada suatu perasaan yang kurang serta ada sebagian fungsi  biologis tidak berjalan dengan semestinya misalnya sebagai contoh bila selesai makan kalau belum merokok terasa belum sempurna. Sehingga walau orang tersebut berada di kawasan tanpa asap rokok maka akan berusaha mencari tempat tertentu yang bisa untuk tempat sebagai menghisap rokok. Akibatnya kawasan tanpa rokok juga jadi kurang efektif.

Jadi setelah makan kalau tidak merokok rasanya enek kadang mual seperti ingin muntah padahal itu mungkin hanya perasaan saja. Contoh kedua bila malam menjelang tidur kalau belum merokok kadang-kadang susah tidur. Berdasarkan pengalaman pribadi (dulu blogger perokok sekarang sudah berhenti) bila malam kehabisan rokok misalnya jam 11 malam maka harus memaksakan diri ke warung untuk membeli rokok. Bila ternyata warung sudah pada tutup ya terpaksa jalan sampai pangkalan ojeg yang biasa suka ada pedagang rokok yang buka 24 jam.

Sebetulnya perokok itu bukan tidak tahu dan tidak sadar bahwa merokok itu kebiasaan yang tidak baik. Tapi mereka rata-rata tidak bisa dan susah untuk memulai berhenti merokok karena tidak sedikit ahli medis dan kesehatan seperti dokter yang merokok padahal mereka sama pasiennya selalu menganjurkan untuk berhenti merokok. Dan mereka tahu juga bahwa dalam rokok itu terdapat zat yang berbahaya  karena zat-zat tersebut beracun. Guru melarang murid`merokok seharusnya dengan contoh bahwa guru juga jangan merokok. Sama halnya dengan guru memerintahkan peserta didik rajin baca ya harus diberi contoh dulu oleh gurunya betul tidak

Di  kota Bogor di Rumah sakit dan sekolah  adalah kawasan bebas rokok  tujuannya bagus juga karena mereka sebagai contoh.  Jadi sebelum masyarakat umum berhenti merokok harus diberi contoh dulu oleh dokter dan perawat. Sekolah bebas rokok karena sekolah tempat mendidik generasi muda. Mendidik itu bukan hanya mengajarkan ilmu termasuk juga mendidik kebiasaan atau pembiasaan diri tentunya dengan contoh nyata. Anak diajarkan kebiasaan yang baik baik sedangkan kebiasaan buruk dibuang jauh-jauh termasuk merokok.

Maka untuk berhenti merokok selain niat harus ada motivasi yang tinggi, baik motivasi internal dari diri sendiri maupun motivasi eksternal atau dari luar misalnya keluarga misalnya istri/suami serta anak, atau dari teman-teman ditempat kerja. Karena tanpa motivasi yang tinggi pekerjaan apa pun akan sia-sia termasuk berhenti merokok. Misalnya seorang memutuskan untuk berhenti merokok dengan niat memulai hari ini ternyata baru beberapa jam saja sudah tidak kuat.

Bila ada motivasi dari dalam diri sendiri misalnya ada dorongan untuk membatalkan berhenti merokok maka hati kecil akan berkata “teruskan”, “kuatkan tidak merokok anda tidak akan mati lemas” dan seterusnya. Atau dengan motivasi dari luar misalnya keluarga ikut memberi dorongan atau semangat supaya menghentikan kebiasaan buruk merokok tersebut dengan ikut mengawasi bila ada anggota keluarga yang berniat berhenti merokok ternyata kepergok merokok maka harus memperingatkan. Tapi ingat jangan dimarahi karena berdasarkan survai kebisaan perokok kalau dimarahi akan tambah sengaja. Jadi sebaiknya tegur saja secara halus. Karena untuk keberhasilan berhenti merokok adalah niat dan motivasi dari diri sendiri yang sangat menentukan

Sebagai contoh kita bisa berhitung secara ekonomis misalkan minimal buat beli rokok Rp 10.000.-/hari x 30 =Rp. 300.000,- per bulan kalau per tahun tinggal kalikan 12. Coba ada yang lebih bermanfaat misalkan bisa buat biaya anak sekolah atau dengan mengikuti program produk perbankan untuk rencana masa depan pendidikan sang buah hati kesayangan anda.  

Demikian posting kali ini semoga bermanfaat bila ada kurang atau lebih silakan tulis di kolom komentar.

24 comments:

  1. Where there's a will, there's a way :)

    Alhamdulillah berada di lingkungan bebas asap rokok ^^

    ReplyDelete
  2. @diniehz syukur alhamdzulillah itu suatu berkah, berarti satu berkurang sumber polusi dari sejumlah polusi udara yang lain

    ReplyDelete
  3. wah betul om..kalau tidak diikuti dengan niat yang betul..betul kuat.. susah untuk berhenti merokok...

    ReplyDelete
  4. Saya pernah ke kantin RS di Denpasar, liat Doketer pada ngerokok saya jadi senyum2 sendiri...memang orang merokok itu bukannya tidak tahu bahaya rokok...

    Mereka merokok karena teranjur ketagihan dan tidak ada niat berhenti merokok. Lagipula masih saja persepsi di sebagian masyarakat kita kalau merokok itu keren, terutama di kalangan ABG (anak baru gendeng).

    Ada teman saya yg mengaku harus merokok saat buang air besar dan sehabis makan. Jika kita bergaul di kalangan perokok beberapa menganggapnya keren.

    Pada umumnya perokok terjebak saat para abg bergaul sesama teman, dan kebiasaan merokok di bawa sampai tua karena sulit menghilangkan efek ketagihan dan sekali lagi tidak ada niat.

    Sebenarnya jika ada niat tidak perlu hal lain untuk berhenti merokok. Dan kita perlu membatasi peredaran rokok, karena hal ini adalah salah satu penyebab para remaja kita doyan merokok, Barang ini begitu mudah di dapat sehingga mereka sangat mudah terjerumus.

    Saya sudah lama berhenti merokok dan tidak merokok ternyata lebih keren dari pada merokok.

    ReplyDelete
  5. Salam kenal,

    Berhenti merokok memang tdk bisa bertahap, harus seketika saat itu juga! thanks buat infonya...

    ReplyDelete
  6. @Fitryana berhenti merokok memang susah kalau tidak dengan niat serta motivasi kuat, berdasarkan pengalaman kadang-kadang yg sudah berhenti juga sering kambuh lagi memang tergantung pergaulan

    ReplyDelete
  7. @Berbagi Informasisalam kenal kembali
    terima kasih sudah berbagi pengalaman tentang berhenti merokok

    ReplyDelete
  8. Berkunjung Sob, maaf kalau komentar saya tidak sesuai dengan topik.

    Saya dari ILMUDI BLOG menyampaikan terimakasih karena Sobat telah membantu saya dengan memberikan jawaban di Yahoo Answer.

    Oh ya, bila Sobat berkenan silakan kunjung ke blog saya.

    ReplyDelete
  9. @AYAHE MELAterima kasih sobat sudah berkunjung dengan senang hati saya akan berkunjung balik

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah saya pun sekarang sudah hampir 4 tahun berhenti merokok, ya memang karena motivasi dari dalam dirilah yang bisa membuat saya berhenti merokok intinya saya nggak ingin lingkungan keluarga terutama anak terkena polusi merokok, sebab ada sebuah artikel yang pernah saya baca; zat nikotin itu termasuk salah satu zat yg bisa menurunkan fungsi otak/kebodohan secara permanen terutama kepada keturunan.

    ReplyDelete
  11. @Apiparo selamt sudah berhasil berhenti merokok ya...semoga tidak akan kambuh lagi

    ReplyDelete
  12. sulit berhenti merokok apalagi untuk peroko berat seperti saya. . . jadi saya memberi saran agar org2 yg belum pernah merokok jangan merokok karna rokok hanya menghabiskan uang dan membuat kita sussah dalam berolahraga. . .

    ReplyDelete
  13. salute untuk anda sob sudah bisa berhenti merokok, sedang saya sendiri blm bisa, seperti tulisan anda, "merokok butuh niat", tepat sekali :D

    ReplyDelete
  14. @Stupid monkeymaaf ralat, maksudnya "berhenti merokok butuh niat", maklum lah, monkey suka salah hihiy :D

    ReplyDelete
  15. @varoek varukterima kasih sobat sudah berkomentar di sini menjadi sebagai masukan dan bahan pertimbangan buat yang belum merokok jangan coba-coba, sebab sekali jadi perokok pasti susah berhenti

    ReplyDelete
  16. @Stupid monkey ok sobat selain niat harus ada motivasi dari dalam dan luar supaya berhenti merokok nya berhasil

    ReplyDelete
  17. saya pribadi termasuk yang susah untuk berhenti merokok karena saya berada di lingkungan perokok dan tanpa sadar ikut mengambil rokok di atas meja. tapi saat dirumah saya usahakan untuk tidak merokok tidak signifikan tapi sedang usaha :)

    ReplyDelete
  18. @catur ariadi awal nya dengan niat sobat semoga berhasil berhenti merokok nya

    ReplyDelete
  19. menurut saya para perokok ada niat untuk berhenti merokok cuma masalahnya niatnya itu ga besar, terkalahkan dengan kebiasaan sekaligus lingkungan yang merokok, padahal pemerintah semakin membatasi ruang publik untuk merokok tapi mereka teteup aja mencari jalan gimana caranya biar bisa merokok, bahkan mereka merasa kalau mereka telah di zalimi.. loh.. sebenarnys kalau ada niat yang kuat pasti ada jalan ya :D

    ReplyDelete
  20. @NF setuju keberhasilan berhenti merokok adalah awalnya dari niat

    ReplyDelete
  21. Untuk tahap-tahap awal disamping niat yang kuat lingkungan juga menjadi faktor yang perlu di jaga. Biasanya perokok sendiri sudah tidak mau merokok cuman karena lingkungan kerja atau pergaualan yang semuanya perokok akhirnya kebiasaan tersebut sangat sulit utk di hindari.

    ReplyDelete
  22. @Aan jadi sementara harus menjauhi dulu orang-orang yang merokok

    ReplyDelete
  23. sebenernya kalo mau berhenti merokok tergantung niat dari orangnya ya gan, terus juga butuh dukungan motivasi juga, jadi biar semangat :)

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com