29 May 2012

Pengampunan Ratu Ganja Yang Kontroversi


corby ratu ganja
Dengan diberikannya grasi atau pengampunan bagi  Schapelle  Corby yang dikenal sebagai ratu ganja atau marijuana. Di mana pengadilan memutus bersalah untuk corby karena terbukti memiliki ganja sebanyak 4,1 kg. Kontrovesi terjadi didalam negeri  antara yang pro dan kontra dengan berbagai alasan yang mendasari. Sering kali untuk orang yang tidak senada akan menganggapnya itu tidak masuk akal dengan diberikannya pengampunan ratu ganja yang kontroversi. Serta mengundang keprihatinan akan ketegasan terhadap penegakan hukum terutama terhadap pelaku kejahatan berat seperti  Narkotika.

Berikut blogger sajikan berbagai alasan baik yang pro dan kontra  terhadap ganja selain bidang hukum juga untuk masalah bidang kesehatan menyangkut corby.

Bagi yang pro atas diberikannya grasi terhadap Corby

Menurut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsudin bahwa dengan diberikannya pengurangan hukuman terhadap Corby  maka sejumlah terpidana warga Indonesia yang dinyatakan bersalah atas tuduhan penyelundupan orang ke negeri pengekspor sapi tersebut akan diperlakukan sama yaitu diberi pengampunan yang sebagian besar mereka adalah nelayan. 

Menurut ahli kesehatan atau medis bahwa pengurangan hukuman atas dasar bahwa schapelle Corby mengidap kelainan jiwa. Jadi pemberian pengampunan tersebut  alasannya atas dasar kemanusiaan. Bukan hanya keputusan politik semata

Bagi yang kontra terhadap grasi kepada terhadap Corby

Grasi diberikan memperlihatkan sisi lemah nya pemerintah atas penegakan hukum di tanah air. Terutama untuk kasus-kasus yang berat seperti Narkoba dan korupsi. Selain itu akan semakin beratnya menahan arus penyelundupan  zat psikotropika seperti narkotika dan zat adiktif lainnya.

Bila beralasan ingin mengurangi hukuman bagi terpidana WNI yang ada di Australia dengan cara mengampuni terpidana pemilik ganja maka alangkah kecilnya posisi tawar dalam melindungi WNI yang ada di luar negeri. Perlindungan yang diharapkan bukan saja untuk WNI  sebagai terpidana di Australia tetapi termasuk para TKI yang terlibat kasus hukum

Walaupun ganja dikelompokkan kedalam satu jenis narkotik yang paling ringan diantara jenis narkotik lain. Sehingga di beberapa Negara misalnya Belanda peggunaan Ganja adalah legal.

Referensi
Harian Kompas
http://www.beritasatu.com
sumber gambar :
http://www.voa-islam.com

8 comments:

  1. Selama kamu yakin, tak ada yg tak mungkin. Percaya diri! Kamu lebih hebat dari yg kamu pikirkan.

    ReplyDelete
  2. kenpa ya hukum Indonesia seprti ini ????

    ReplyDelete
  3. cuma saya yang gak ngerti hukum
    atau pura pura enggak ngerti hukum
    atau sudah mati rasa dengan hukum
    di pikir pikir, mending nonton sule daripada mikirin negara :)

    ReplyDelete
  4. @akangsurya yai iaya kang kalau di bandingkan mah betul mending nonton sule

    ReplyDelete
  5. kalo saya pribadi seh kontra juga denga adanya grasi tersebut bang zaz... .

    ReplyDelete
  6. @ibnu ch betul juga masalahnya kejahatan narkoba adalah kejahatan yg sangat serius sama halnya dengan korupsi

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com