10 June 2012

Pembahasan Soal SNMPTN2011 Pelajaran Fisika


Buat adik-adik peserta SNMPTN tertulis yang memerlukan Pembahasan soal SNMPTN 2011 Fisika sebagai bahan latihan untuk mengikuti SNMPTN tertulis 2012 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 juni 2012. Tentunya ujian SNMPTN tertulis ini diperuntukan bagi mereka yang tidak lolos seleksi di SNMPTN undangan yang dilaksanakan pada bulan Pebruari 2012.

Pembahasan soal SNMPTN 2011 untuk Mata pelajaran Fisika mengukur Kognitif Analisa dan Sintesa yang dilaksanakan selama dua hari 31 Mei sampai 1 Juni 2011. Dengan jumlah peserta mencapai 7 ribu lebih untuk Panitia Lokal Bogor, meningkat dua kali lipat lebih dari tahun kemarin (2010). Penulis (blogger) kali ini akan membahas tentang soal dan jawaban Fisika dalam Ujian SNMPTN 

Soal SNMPTN Fisika lebih banyak ke dalam pengujian penguasaan konsep dari pada menghitung dengan hitungan yang rumit seperti dalam perkataan siswa bahwa fisika ngitungnya rumit sehingga bikin pusing tujuh keliling mengakibatkan kepala botak. Akhirnya fisika merupakan pelajaran yang paling tidak disukai seperti yang pernah di bahas pada postingan terdahulu.

Sebagai contoh untuk soal no. 17 untuk kode soal 525 calon mahasiswa di uji penguasaan konsep hukum Newton pertama tentang gerak pada sebuah balok dalam bidang miring yang bergerak dengan kecepatan tetap. Untuk soal no 18 nya perhitungan agak panjang dengan konsep Azaz  Blak digabungkan dengan kalor lebur es. Disini diperlukan analisa dan sintesa dari pemikiran calon mahasiswa. Tapi bila kamu jeli dan hati-hati ini pengerjaannya gampang, artinya kamu memang layak dan pantas diterima di PTN idaman kamu.

No 19 tipe soal sering keluar dalam latihan-latihan yang diberikan di kelas atau di tempat bimbel kamu yaitu prinsip mesin Carnot.
Pada soal no 21 penguasaan konsep pembiasan cahaya, disini kamu tidak usah menghitung tapi harus berpikir dengan logika berdasarkan konsep pembiasan cahaya. Kamu tinggal lihat gambar dimana garis miring yang paling curam berarti kecepatan cahaya paling kecil .Berikut dibahas sekilas saja
Konsep pebiasan cahaya
Pembiasan adalah pembelokan arah sinar ketika melewati bidang batas dua medium yang berbeda.
  1. Bila sinar berasal dari medium kurang rapat ke medium lebih  rapat akan dibiaskan mendekati garis normal contoh:  dari medium 1 ke medium 2.
  2. Bila sinar berasal dari medium rapat ke kurang rapat akan dibiaskan menjauhi garis normal contoh gambar dari medium 2 ke 1.
Kerapatan medium berbanding terbalik dengan kecepatan sinar. Jadi semakin rapat medium sinar bergerak semakin lambat maka berdasarkan gambar cahaya bergerak paling lambat adalah pada medium 4.          Jawab D

Untuk no 22, soal ini sudah biasa keluar tapi dengan angka yang berbeda yaitu jumlah muatan yang mungkin dimiliki oleh suatu benda jawabanya yaitu kelipatan dari muatan elektron. Jadi apa seperti kata Prof Yohanes Surya bahwa Belajar Fisika itu asik ya?.....hehehe.
Ralat untuk  jawaban no.16 salah, seharusnya jawabannya D 2,0 m/s kuadrat bukan 3

Bagi yang optimis merasa bisa blogger ucapkan selamat artinya kamu layak jadi mahasiswa di PTN idaman, bagi yang merasa tidak bisa jangan berkecil hati Ujian SNMPTN bukan segalanya masih ada  ujian mandiri yang akan diselenggarakan setelah pengumuman hasil SNMPTN atau kamu bisa ikut tahun depan atau pilih ke PT Swasta. Pokoknya kamu harus optimis dan selalu berpikir positif demi rencana masa depan kamu.

Pembahasan lengkap bisa kamu dowload nanti di link, tapi sebelum dowload  mohon sukarela untuk membubuhkan tanda like di plugin social facebook  atau follow akun twitter blogger yang ada di bagian bawah posting  berikut ini gratis klik disini

Untuk soal-soal Fisika selain SNMPTN terdapat di sini

Kritik dan saran dari sesama pembelajar Fisika atau dari siswa dan calon mahasiswa sangat blogger harapkan untuk perbaikan di masa yang akan datang.




6 Responses to “Pembahasan Soal SNMPTN2011 Pelajaran Fisika”

Stupid monkey said...
Monday, June 11, 2012

berhubung gak ngerti soal Fisika, jadi saya doakan, semoga yg ikut SMPTN semuanya berhasil dengan gemilang, sehingga kelak menjadi penerus kebanggan bangasa :D
#kira2 komennya nyambung gak ya ?? hihihiy :D


naturalzine said...
Monday, June 11, 2012

jadi ingat kinerja penangkapan cahaya lensa foto :D #nyambung gak ya,,,hahahahaha


ASAZ said...
Monday, June 11, 2012

@Stupid monkeyamiin
kalau doa nyambung aja


ASAZ said...
Monday, June 11, 2012

@naturalzineitu kan aplikasi ilmu optik
nyammbung


skripsi pendidikan said...
Monday, August 27, 2012

Bagi-bagi info gan, disini download gratis skripsinya dan soal-soal fisika


ASAZ said...
Monday, August 27, 2012

@skripsi pendidikan ok terima kasih gan


Post a Comment

Thank you for visiting my blog, please write your comment here! I am pleased to be back to visit your blog.
Maaf bila ada kalimat yang mengandung link akan secara otomatis masuk kotak spam oleh sistem blogspot.

DMCA.com